SOAL-SOAL MATEMATIKA KELAS III SD SEMESTER I
03.02
Unknown
, Posted in
Matematika SD
,
0 Comments
SOAL-SOAL MATEMATIKA KELAS III SD SEMESTER I
Pokok Bahasan :
Operasi Hitung
Kompetensi Dasar :
Melakukan penjumlahan bilangan tiga angka
Indikator : Siswa dapat menjumlahkan
bilangan-bilangan yang terdiri atas satuan, puluhan, dan ratusan
Contoh Soal Pemecahan Masalah
Ibu membeli pakaian di sebuah toko dalam jumlah
banyak. Pakaian itu dikirim dengan mobil sebanyak 3 kali. Kiriman pertama sebanyak 289 pakaian, kiriman
kedua 135 pakaian, dan kiriman ketiga 398 pakaian. Berapa jumlah pakaian yang dibeli Ibu?
Jawab :
Diketahui :
Ibu membeli pakaian
Kiriman pertama sebanyak 289 pakaian
Kiriman kedua sebanyak 135 pakaian
Kiriman ketiga sebanyak 398 pakaian
Ditanyakan :
Jumlah pakaian yang dibeli Ibu
Pengerjaan :
Penjumlahan
Penyelesaian :
Untuk menyelesaikan permasalahan diatas, dapat
dilakukan dengan menjumlahkan banyak pakaian pada kiriman pertama, kedua, dan
ketiga, yaitu 289, 135, dan 398 pakaian.
Catatan :
Cara menjumlahkan bilangan-bilangan yang
terdiri atas satuan, puluhan, dan ratusan adalah jumlahkan satuan dengan satuan
(jika hasilnya lebih dari sepuluh, tulis satuan kemudian simpan puluhan),
jumlahkan puluhan dengan puluhan (jika hasilnya lebih dari seratus, tulis
puluhan simpan ratusan), dan jumlahkan ratusan dengan ratusan.
Cara 1 (Cara bersusun panjang)
·
Dihitung
sekaligus
289 =
200 + 80 + 9
135
= 100
+ 30 + 5
398
= 300
+ 90 + 8
+
= 600 + 200 + 2
= 800 + 20
+ 2
= 822
·
Dihitung 2 tahap
289
= 200
+ 80 + 9
135
= 100
+ 30 + 5
|
=
300 + 110 + 14
= 300 + 100 + 10 + 10 + 4
= 400 + 20
+ 4
398 = 300 + 90
+ 8
+
|
= 700 + 100 +
10 + 10 + 2
= 800 + 20 +
2
= 822
Cara 2 (Cara bersusun
pendek)
Tahap 1 Tahap
2
1 1 1
1
2 8 9 4
2 4
1 3 5 3
9 8
+ +
4 2 4 8
2 2
|
|
||||||||||||||
|
|
|
|
Cara 3 (Cara mendatar)
|
ratusan
2 8
9 + 1
3 5 +
3 9 8
= 8 2 2 puluhan satuan
Jadi, jumlah
pakaian yang dibeli ibu adalah 822 pakaian.
Alasan :
Soal diatas merupakan soal pemecahan masalah,
karena soal tersebut menuntut siswa untuk :
1. mengidentifikasi apa yang diketahui dan
apa yang ditanyakan
2. menggunakan beragam prosedur dengan
masalah yang diberikan untuk mendapatkan solusi
3. memikirkan strategi yang cocok dan kreatif
untuk menyelesaikan masalah tersebut
4. mengerjakan penyelesaian masalah sampai
menemukan hasil dan setiap langkah diperiksa kebenarannya.
Rubrik Penskoran :
Aspek dan Skor
|
Indikator
|
Pemahaman
|
|
Skor 3
|
Siswa menunjukkan pemahaman yang lengkap baik pada langkah penyelesaian
maupun pada penafsiran/ penjelasan terhadap jawaban.
|
Skor 2
|
Siswa menunjukkan pemahaman
yang baik. Sedikit kesalahan mungkin terjadi pada pemahaman masalah atau pada
pengembangan stategi penyelesaian atau pada penafsiran jawaban.
|
Skor 1
|
Siswa menunjukkan pemahaman
yang minimal
Pertanyaan masalah mungkin
kurang jelas bagi siswa.
Strategi yang digunakan atau
penafsiran jawaban kurang cocok dengan masalahnya.
|
Skor 0
|
Siswa tidak menunjukkan pemahaman terhadap masalah.
Strategi yang digunakan dan jawaban diperoleh tidak cocok dengan masalah.
|
Perencanaan
|
|
Skor 3
|
Rencana dikemukakan dengan jelas dan mengarah pada jawaban atau
penyelesaian yang benar.
|
Skor 2
|
Rencana dikemukakan dengan cukup beralasan dan benar atau mungkin ada
kesalahan kecil berdasarkan interprestasi yang benar terhadap masalah.
|
Skor 1
|
Rencana tidak jelas atau hanya sebagian rencana yang benar berdasarkan interpretasi
yang sedikit keliru terhadap masalah.
|
Skor 0
|
Tidak ada rencana penyelesaian sama sekali atau keseluruhan rencana tidak
ada yang benar.
|
Penyelesaian/ Jawaban
|
|
Skor 3
|
Jawaban benar dan dinyatakan secara jelas atau meskipun jawaban tidak
benar namun hanya dikarenakan kesalahan yang tidak esensi bukan karena
kesalahan implementasi/ prosedur.
|
Skor 2
|
Jawaban salah karena sedikit kesalahan pada implementasi/ prosedur atau
jawaban dikemukakan secara tidak jelas.
|
Skor 1
|
Jawaban salah karena kesalahan yang esensi pada implementasi/ prosedur.
|
Skor 0
|
Tidak ada jawaban yang diberikan.
|
Penampilan
|
|
Skor 1
|
Keseluruhan tampilan di atas kertas rapi/ cermat dan mudah dibaca. Informasi
yang berguna/ penting dapat dengan mudah ditemukan
|
Skor 0
|
Kertas jawaban sulit untuk dibaca atau informasi yang berguna/ penting
sulit untuk dikemukakan.
|
Pokok Bahasan : Bilangan
Cacah
Kompetensi Dasar :
Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
Indikator :
Siswa dapat membuat pola bilangan pada suatu garis bilangan
Contoh Soal Komunikasi
Seekor Kangguru melompat di atas rumput. Kangguru
itu melompat mulai dari bilangan 0 sampai bilangan 25. Setiap kali melompat
kangguru melewati 5 bilangan. Tuliskan pola bilangan yang dilompati kangguru !
Penyelesaian :
Seekor kangguru melompat dengan pola loncat 5.
+5 +5
+5
+5
+5
Kangguru melompat dari 0 ke 5, dari 5 ke 10, dari
10 ke 15, dari 15 ke 20, maka kangguru akan melompat dari 20 ke 25.
Jadi, kangguru berhenti pada bilangan 25.
Pola lompatan kangguru dapat dibuat menjadi garis
bilangan berikut :
) ) ) ) ) ) 0 5 10 15 20 25
Alasan :
Soal diatas merupakan soal komunikasi, karena soal
tersebut menuntut siswa untuk :
1. mampu menyajikan ide-ide matematika
melalui tertulis dan menggambarkannya secara visual.
2. menghubungkan benda nyata dan gambar ke
dalam ide matematika.
3. menjelaskan ide, situasi, dan relasi
matematika secara lisan atau tulisan dengan benda nyata dan gambar.
4. menyatakan peristiwa sehari-hari dalam
bahasa simbol matematika.
Rubrik Penskoran :
Skor
|
Keterangan
|
0
|
Penjelasan tidak efektif, dapat membuat gambar secara baik, tetapi tidak
merepresentasikan situasi soal. Kata-kata tidak merefleksikan soal.
|
1
|
Hanya sedikit dari penjelasan dan gambar yang benar. Gambar tidak sesuai
dengan situasi soal, atau gambar tidak jelas dan sulit untuk
diinterpretasikan. Penjelasan alurnya tidak jelas.
|
2
|
Penjelasan secara matematis masuk akal dan benar, meskipun tidak tersusun
secara logis atau terdapat sedikit kesalahan bahasa. Dapat membuat gamabar
yang hampir sesuai dan lengkap.
|
3
|
Penjelasan secara matematik masuk akal dan jelas serta tersusun secara
logis. Dapat membuat gambar secara lengkap dan benar.
|
Skor maksimal = 3
|
Pokok Bahasan :
Operasi Hitung
Kompetensi Dasar :
Melakukan operasi hitung campuran
Indikator :
Siswa dapat mengetahui kedudukan perkalian dan penjumlahan dalam
pengerjaan hitung campuran.
Contoh Soal Koneksi
Hari ini kami sekeluarga akan pergi berlibur. Aku
membawa 6 bungkus permen rasa kopi untuk bekal di perjalanan. Setiap bungkus
berisi 5 butir permen. Kakak membawa 8 butir permen rasa cokelat. Berapa butir
permen yang kami bawa?
Jawab :
Diketahui :
Jumlah permen rasa kopi 6 bungkus
Tiap bungkus berisi 5 butir
Jumlah permen rasa cokelat 8 butir
Ditanyakan :
Jumlah permen seluruhnya
Pengerjaan :
Perkalian dan penjumlahan
Penyelesaian :
(6
x 5) + 8 = 30 + 8 = 38
|
Jadi, jumlah permen seluruhnya adalah 38 butir
Alasan :
Soal diatas merupakan soal koneksi, karena menggunakan
koneksi antara topik matematika, yaitu perkalian dan penjumlahan. Selain itu,
siswa dituntut untuk menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari dan
menyadari representasi yang ekuivalen dari konsep yang sama.
Rubrik Penskoran :
Skor
|
Indikator
|
Keterangan
|
3
|
Jawaban lengkap
|
Jawaban siswa jelas, sistematis,
tepat pada sasaran, sesuai dengan kunci jawaban. Maksudnya siswa menjawab
soal dengan jelas, siswa juga tahu langkah-langkah dalam penyelesaian soal,
dalam pengerjaan soal siswa juga tahu kemana arah dari jawaban soal tersebut
dan hasil jawaban siswa sesuai dengan kunci jawaban yang telah dibuat.
|
2
|
Menjawab sebagian saja
|
Jawaban siswa jelas, sistematik,
tepat pada sasaran, tetapi tidak sesuai dengan kunci jawaban, artinya siswa
menjawab soal dengan jelas, siswa juga tahu langkah-langkah dalam pengerjaan
soal, dalam pengerjaan soal siswa juga tahu kemana arah dari jawaban soal
tersebut tetapi hasilnya tidak sesuai dengan kunci jawaban yang telah dibuat.
|
1
|
Jawaban siswa hanya sekedar saja
|
Jawaban siswa tidak jelas, tidak
sistematik, tidak tepat sasaran dan juga tidak sesuai dengan kunci jawaban
yang telah dibuat.
|
0
|
Tidak menjawab sama sekali
|
Siswa mengosongkan jawabannya,
artinya siswa tidak menjawab soal sama sekali.
|
Pokok Bahasan :
Bilangan Cacah
Kompetensi Dasar :
Melakukan pengurutan bilangan
Indikator :
Siswa dapat mengurutkan bilangan dari yang tekecil dan dari yang terbesar
Contoh Soal Penalaran
Perhatikan bilangan-bilangan yang terdapat pada
dedaunan berikut ini.
Urutkan bilangan-bilangan diatas dengan urutan
bilangan dari yang terkecil dan urutan bilangan dari yang terbesar !
Jawab :
Catatan :
Pada saat mengurutkan bilangan dari yang
terkecil, semakin ke kanan bilangan semakin besar
Pada saat mengurutkan bilangan dari yang
terbesar, semakin ke kanan bilangan semakin kecil
Bilangan-bilangan di atas diurutkan dari yang
terkecil menjadi :
Bilangan-bilangan di atas diurutkan dari yang
terbesar menjadi :
Alasan :
Soal diatas merupakan soal penalaran, karena melakukan
pengurutan (sequencing) sesuatu ke
dalam urutan yang logis dan menganalisis serta menciptakan suatu keterhubungan bilangan
berdasarkan besar-kecil bilangan yang tersusun secara terstruktur.
Rubrik Penskoran :
Skor
|
Kategori
|
0
|
Jawaban tidak sesuai. Tidak melakukan pengurutan secara benar atau
pengurutan salah total dan tidak memahami konsep.
|
1
|
Jawaban salah, tetapi sebagian kecil pengurutan benar
|
2
|
Jawaban benar, tetapi penalarannya tidak lengkap atau tidak jelas
|
3
|
Jawaban benar dan penalaran baik. Penjelasannya lebih lengkap dari skor 2,
tetapi mengandalkan pada pengetahuan konkret atau visual dari pengetahuan
abstrak
|
4
|
Jawaban sempurna, siswa menggunakan pengetahuan dari konsep pengurutan
bilangan dan garis bilangan.
|
Pokok Bahasan :
Operasi Hitung
Kompetensi Dasar :
Melakukan operasi hitung campuran
Indikator :
Siswa dapat menyelesaikan operasi hitung campuran, yaitu penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.
Contoh Soal Representasi
Selesaikanlah soal berikut !
96 + 28 : 4 – 4 x 6 = .......
Jawab :
Catatan :
Kedudukan +, -, x, dan : dalam pengerjaan
hitung campuran ialah sebagai berikut :
+ sama kedudukannya dengan –
Pengerjaannya urut dari kiri ke kanan.
x dan : lebih tinggi kedudukannya daripada
+ dan –
Pengerjaannya x dilakukan lebih dulu
daripada + dan -.
x sama kedudukannya dengan :
Pengerjaannya urut dari kiri ke kanan.
Kerjakan soal di atas sesuai urutan pengerjaan
hitung. Beri tanda kurung untuk operasi hitung yang akan dikerjakan terlebih
dahulu.
Perhatikan penggunaan tanda kurung berikut.
96 + ( 28 : 4) – (4
x 6) = .......
96 +
7 – 24
=
103 – 24
= 79
Jadi, 96 + 28 : 4 – 4 x 6 = 79.
Alasan :
Soal diatas merupakan soal representasi, karena
soal tersebut mewakili semua operasi hitung, yaitu penjumlahan, pengurangan,
perkalian, dan pembagian.
Rubrik Penskoran :
Skor
|
Kriteria
|
0
|
Tidak ada jawaban atau salah
|
1
|
Jawaban kurang lengkap dan kurang tepat
|
2
|
Jawaban hampir lengkap, sebagian petunjuk soal diikuti
|
3
|
Jawaban lengkap dan jelas sesuai dengan petunjuk soal serta hasil
perhitungan benar berdasarkan prinsip dan konsep matemática.
|
Contoh Soal Proyek
Nama : Tanggal
:
Kelas :
Pokok
Bahasan : Alat Ukur
Kelompok : Semester
: 1(satu)
Kegiatan : Menaksir ukuran benda
I. Alat-alat ukur yang diperlukan
5.
Pita ukur (meteran) yang biasa
digunakan oleh tukang jahit
6.
Mistar atau penggaris
7.
Timbangan yang biasa digunakan untuk
mengukur berat barang
II.
Cara
kerja
1.
Sediakan
10 macam benda yang dapat diukur
2.
Pilih salah satu alat ukur untuk
mengukur masing-masing benda tersebut
3.
Benda- benda yang telah diukur, dicatat
masing-masing ukurannya pada tabel pengamatan berikut :
Tabel
Pengamatan
No
|
Nama
Benda
|
Alat
Ukur yang Digunakan
|
Panjang
(cm)
|
Berat
(kg)
|
1.
|
||||
2.
|
||||
3.
|
||||
4.
|
||||
5.
|
||||
6.
|
||||
7.
|
||||
8.
|
||||
9.
|
||||
10.
|
4.
Dari benda-benda yang telah diukur
tadi, tulislah benda yang memiliki ukuran paling panjang dan ukuran yang paling
pendek serta berapa ukurannya !
5.
Tentukan juga benda yang memiliki
ukuran paling berat dan ukuran yang paling ringan serta berapa ukurannya !
6.
Kemudian, taksirlah panjang
benda-benda yang sejenis dan berat benda-benda yang sejenis
7.
Berikan kesimpulan
Contoh
Soal Investigasi
Pokok Bahasan :
Bilangan Cacah
Kompetensi Dasar : Memahami Konsep Garis Bilangan dan
Pola Bilangan Secara Cepat
Indikator :
Melihat sejauh
mana tingkat pemahaman siswa tentang garis bilangan dan pola bilangan
MELONCAT DI ATAS
BATU
Di hutan yang lebat hidup
kelinci, kambing, kijang, rusa, dan kuda. Mereka semua bersahabat. Untuk
mencari makanan, mereka menuju seberang sungai. Di sana rumputnya sangat subur.
Tapi sayang, hujan akan turun. Mereka harus segera pulang. Untuk melewati
sungai, mereka harus bergantian meloncat di atas batu. Batu-batu itu berjumlah
100, berjajar dengan dengan jarak yang sama.
Sekali meloncat, kuda bisa mencapai 10 batu.
Sekali meloncat, rusa bisa mencapai 7 batu.
Sekali meloncat, kijang bisa mencapai 5 batu.
Sekali meloncat, kambing bisa mencapai 4 batu.
Sekali meloncat, kelinci bisa mencapai 2 batu.
....................................................
|
Dari ilustrasi diatas, perintah yang dapat
diberikan kepada siswa :
1. Nomorilah bekas telapak kaki rusa, kijang,
kambing, dan kelinci !
2. Sajikan loncatan masing-masing rusa,
kijang, kambing, dan kelinci ke dalam garis bilangan !
Rubrik Penskoran Proyek dan Investigasi :
Skor
|
Level
|
Kriteria
|
3
|
Superior
|
·
Menunjukkan
pemahaman yang tinggi tentang permasalahan dan konsep yang dipelajari
·
Menggunakan strategi proyek/ investigasi yang patut dicontoh
·
Kesimpulan yang disajikan benar dan didukung oleh studinya
·
Laporan tertulis
patut dicontoh
·
Tabel/ Gambar akurat dan cocok
|
2
|
Memuaskan
|
·
Menunjukkan pemahaman
terhadap permasalahan dan konsep yang dipelajari.
·
Menggunakan strategi
proyek/ investigasi yang cocok
·
Kesimpulan yang
disajikan benar dan sebagian besar didukung oleh studinya
·
Laporan tertulis
efektif
·
Tabel/ gambar akurat dan cocok
|
1
|
Hampir
Memuaskan
|
·
Menunjukkan
pemahaman dari sebagian besar permasalahan konsep yang dipelajari
·
Sebagian strategi proyek/ investigasi yang digunakan cocok
·
Kesimpulan yang disajikan sebagian besar benar tetapi tidak didukung oleh
studinya
·
Laporan tertulis
sebagian besar efektif
·
Tabel/ gambar sebagian besar akurat tetapi mungkin tidak cocok
|
0
|
Tidak
Memuaskan
|
·
Menunjukkan
pemahaman yang rendah atau tidak sama sekali dari pernyataan-pernyataan dan
konsep-konsep yang dipelajari
·
Sering menggunakan strategi investigasi tidak cocok
·
Kesimpulan yang disajikan sebagian besar keliru
·
Laporan tertulis hampir semua tidak efektif
·
Tabel/ Gambar hampir semua tidak akurat dan tidak cocok
|
Soal Penilaian Kinerja
Nama :
Tanggal :
Kelompok : Pokok
Bahasan : Uang
Kegiatan :
Melakukan Jalan Laba-Laba
Tujuan :
Untuk mengetahui dan menghitung nilai
mata uang serta menafsirkan
kesetaraan mata uang.
I.
Alat-alat
yang diperlukan
- Jaring-Jaring memanjang yang terbuat dari papan triplek membentuk petak-petak yang berukuran sama.
- Alat tulis
II. Cara kerja
- Berilah harga pada setiap petak
Rp.100,00
|
Rp.500,00
|
Rp.500,00
|
Rp.100,00
|
Rp.1000,00
|
Rp.500,00
|
Rp.500,00
|
Rp.100,00
|
Rp.100,00
|
Rp.100,00
|
Rp.100,00
|
Rp.100,00
|
Rp.100,00
|
Rp.500,00
|
Rp.500,00
|
Rp.1000,00
|
Rp.500,00
|
Rp.100,00
|
Rp.500,00
|
Rp.100,00
|
Rp.100,00
|
Rp.500,00
|
Rp.100,00
|
Rp.500,00
|
Rp.500,00
|
Rp.1000,00
|
Rp.500,00
|
Rp.1000,00
|
Rp.1000,00
|
Rp.500,00
|
Rp.100,00
|
Rp.100,00
|
Rp.100,00
|
Rp.500,00
|
Rp.100,00
|
Rp.1000,00
|
Rp.500,00
|
Rp.500,00
|
Rp.100,00
|
Rp1000,00
|
Rp.50,00
|
Rp.1000,00
|
Rp.100,00
|
Rp.50,00
|
Rp.100,00
|
Rp.1000,00
|
Rp.500,00
|
Rp.1000,00
|
Rp.100,00
|
Rp.1000,00
|
Rp.1000,00
|
Rp.500,00
|
Rp.1000,00
|
Rp.100,00
|
Rp.500,00
|
Rp.500,00
|
Rp.500,00
|
Rp.500,00
|
Rp.100,00
|
Rp.500,00
|
Rp.50,00
|
Rp.100,00
|
Rp.500,00
|
Rp.100,00
|
Rp.100,00
|
Rp.1000,00
|
Rp.500,00
|
Rp.100,00
|
Rp.1000,00
|
Rp.50,00
|
- Setiap peserta dibekali uang Rp. 5000,00
- Siswa harus berjalan pada petak-petak, dimulai dari tanda masuk ( ) dan diakhiri pada salah satu petak yang bertanda .
- Setiap melewati petak, siswa harus membayar sesuai dengan harga petak.
- Jalan peserta boleh membelok, tetapi tidak boleh melompat atau menyerong.
|
|
|
- Warnailah petak yang dilalui peserta dengan masing-masing warna merah, biru, dan kuning.
- Siswa yang tidak menjadi peserta, diharapkan membantu peserta memilih petak yang akan peserta-peserta lalui.
- Jumlah uang yang dibayarkan sampai dengan petak akhir harus tepat Rp.5000,00
- Setiap petak boleh dilewati lebih dari 1 peserta
- Peserta yang membutuhkanpetak paling sedikit untuk sampai keluar menjadi pemenangnya.
Rubrik Penskoran :
Skor
|
Level
|
Kriteria
|
3
|
Sangat
memuaskan
|
Menunjukkan
pemahaman konsep secara tepat dan teliti, perhitungan benar dan teliti,
menggunakan strategi yang tepat.
|
2
|
Memuaskan
|
Menunjukkan
pemahaman konsep yang tepat, perhitungan benar, tetapi kurang teliti, dan penggunaan
strategi tepat
|
1
|
Kurang memuaskan
|
Menunjukkan
pemahaman konsep kurang tepat, perhitungan kurang tepat, tidak teliti, dan
penggunaan strategi kurang tepat
|
0
|
Tidak
memuaskan
|
Menunjukkan ketidakpahaman
konsep, perhitungan tidak tepat, tidak teliti, dan penggunaan strategi tidak
tepat.
|
0 Response to "SOAL-SOAL MATEMATIKA KELAS III SD SEMESTER I"
Posting Komentar